Jumat, 29 Juli 2011

pengertian dari remaja

A . Pengertian remaja
Masa remaja , menurut Mapplare ( 1982 ) berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan usia 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria . Rentang usia remaja ini dapat di bagi menjadi dua bagian , yaitu usia 12 atau 13 tahun sampai dengan 17 atau 18 tahun sampai dengan 21 atau 22 tahun adalah masa remaja akhir .
Remaja , yang dalam bahasa aslinya di sebut adolescence berasal dari bahasa latin adolescere yang artinya “ tumbuh atau tumbuh untuk mencapai kematangan “ . Bangsa primitif dan orang-orang purbakala memandang masa puber dan masa remaja tidak berbeda dengan periode lain dalam rentang kehidupan . Anak di anggap sudah dewasa apabila sudah mampu mengadakan reproduksi .
Perkembangan lebih lanjut , istilah adolescence sesungguhnya memiliki arti yang luas , yaitu mencakup kematangan mental , emosional , sosial dan juga fisik ( Hurlock , 1991 ) . Pandangan ini di dukung oleh Piaget yang mengatakan bahwa secara psikologis , remaja adalah suatu usia dimana individu menjadi terintegrasi ke dalam masyarakat dewasa , yaitu suatu usia dimana anak tidak merasa bahwa dirinya berada di bawah tingkat orang yang lebih tua , melainkan merasa sama atau paling tidak sejajar tingkatannya .
Remaja juga sedang mengalami perkembangan pesat dalam aspek intelektual . Transformasi intelektual dari cara berfikir remaja ini memungkinkan mereka tidak hanya mampu meng-integrasikan dirinya ke dalam masyarakat dewasa , tapi juga merupakan karakteristik yang paling menonjol dari semua periode perkembangan ( Shaw dan Costanzo , 1985 )
Remaja sebetulnya tidak mempunyai tempat yang jelas . Mereka tidak termasuk golongan anak-anak lagi , tetapi belum juga dapat di terima secara penuh untuk masuk ke golongan orang dewasa . Remaja ada di antara anak dan orang dewasa . Oleh karena itu , remaja seringkali di kenal dengan fase “ mencari jati diri “ . Remaja masih belum mampu menguasai dan memfungsikan secara maksimal fungsi fisik maupun psikis nya ( Monks , dkk 1989 ) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar